Tahukah Anda, Hari Ibu di Indonesia berbeda dari Hari Ibu Internasional?

Hari Ibu Internasional atau yang biasa disebut dengan “Mother’s Day” adalah hari yang khusus diadakan untuk memperingati jasa para ibu, dalam hal ini ibu secara biologis atau wanita yang memiliki anak.

Berbeda dengan di Indonesia. Peringatan Hari Ibu diawali dengan pertemuan para pejuang wanita Indonesia dalam naungan Kongres Perempuan Indonesia I pada 22–25 Desember 1928 di Yogyakarta. Kongres yang dihadiri oleh 30 organisasi perempuan dari 12 kota di wilayah Jawa dan Sumatera tersebut berkumpul untuk menyatukan pemikiran kritis dalam rangka mendukung kemajuan bangsa.

Tonggak sejarah penting itu akhirnya membuat Presiden Soekarno meresmikan Hari Ibu yang diperingati setiap tanggal 22 Desember dan dirayakan secara nasional hingga saat ini.

Dengan demikian lebih tepat bila Hari Ibu versi Indonesia disebut sebagai “Women’s Day” dan bukan “Mother’s Day” karena ini hari yang merayakan jasa-jasa para “ibu” (dalam hal ini wanita dalam arti luas), bukan hanya ibu dalam arti biologis. Ini hari untuk merayakan perjuangan kita semua, wanita-wanitanya Allah, dalam bidang dan peran masing-masing, apa pun panggilan Allah bagi kita!

“Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya” (Efesus 2:10).

Selamat Hari Ibu untuk semua wanita Indonesia! Happy Women’s Day!